HUKUM DUA HADATS YANG BERKUMPUL
﴿ فَرْعٌ ﴾ إِذَا اجْتَمَعَ عَلَى الشَّخْصِ حَدَثَ أَصْغَرِ وَهُوَ الْوُضُوْءِ وَحَدَثُ أَكْبَرُ وَهُوَ الْغَسْلُ فَفِيْهِ خِلاَفٌ مُنْتَشِرُ الصَّحِيْحُ الْمُفْتَى بِهِ يَكْفِيْهِ غَسْلُ جَمِيْعِ بَدَنِهِ بِنِيَّةِ الْغَسْلُ
﴾ Cabang ﴿ jika berkumpul atas seseorang hadats kecil dan dia berwudhu' dan hadats besar dan dia mandi, maka di dalamnya ada khilaf yang tersebar luas, pendapat yang Shahih dan difatwakan dengannya akan mencukupinya mandi seluruh badannya dengan niat mandi
وَلَا يَجِبُ عَلَيْهِ الْجَمْعُ بَيْنَ الْوُضُوْءِ وَالْغَسْلُ وَلَا تَرْتِيْبُ فِي ذَلِكَ، وَاللّٰهُ أَعْلَمْ
Dan tidak wajib atasnya mengumpulkan antara wudhu' dan mandi dan tidak ada tertib dalam hal itu, dan Allah lebih mengetahui
KIFAYATUL AKHYAR HALAMAN 40
Wallahu A'lam Bish-Showab